Tuesday, April 07, 2009

Kampanye Everywhere Everytime Part II : Dangdut Republic !

Minggu kemaren kayaknya pantes buat dinobatkan sebagai minggu arak2an kampanye di jalan. Gimana ngga ? Hampir tiap gw nyetor muka ke jalan raya pasti yang gw temukan kampanye partai ini dan itu, dengan segala atribut serta embel2 caleg yang satu dan yang laen. Mulai dari motor yang dibungkus pake bendera partai sampe mobil dengan stiker nempel di hampir seluruh bodi *apa ngga sayang tu boilnya yak ??

Pernah ni gw kemaren pas berangkat ke Tangerang sekitar seminggu yang lalu. Gw bawa motor dari Cempaka di pusatnya Jakarta sampe Citra Raya di ujung Tangerang sonoh, berangkat dengan doa agar dijauhkan dari hujan dan asap metromini, eh malah sepanjang jalan yang beratus-ratus kilometer itu yang gw jumpai adalah arak2an kampanye partai warna kuning dan ijo lumut (tanpa menyebut merk).
Jadilah gw sebagai simpatisan tak berbaju caleg waktu itu..hwaaghh..udah panas ditambah padet !!

Yang paling jadi perhatian gw sekarang sebenernya bukan masalah arak2an di jalanan itu sih, tapi lebih kepada panggung kampanye di mana para simpatisan disentralisasikan di satu tempat itu *wuiihh bahasa tingkat caleg. Biasanya sih di SUGBK, yang notabene jadi tempat paporit para panitia partai buat mengadakan acara super heboh buat para simpatisannya. Selaen ngerusak rumput (apa ngga kasian tu Markus Horison kalo jatoh dia bisa lecet kalo rumputnya rusak ?), acara kayak gitu juga kadang jauh dari pesan kampanye itu sendiri.

Yang lebih sering sih diisi ma konser dangdut dengan artis ibu kota terkemuka yang udah punya nama maupun yang masih mencari nama. Dengan goyangan yang syur asoy geboy plus pakaian mengundang decak kagum bagi para simpatisan. Ironisnya pas kampanye kayak gitu ngga jarang banyak anak2, Ibu2 hamil sampe lansia pun ada. Apa ngga bahaya tu kalo acara kampanye yang lebih mengarah ke konser dangdut kayak gitu ditonton ma anak di bawah umur ? Kalo yang gw taw sih bisa mengganggu psikologis anak itu dan yang pasti ada bad effect-nya.

Mungkin ngga kalo paradigma kampanye yang selama ini identik ma konser dangdut itu diganti dengan yang lebih berkualitas ? Misalnya partai bisa aja bikin konser Bon Jovi ato Aerosmith..hehe, sama aja nguks !!

Semua kembali ke orang2 partai itu sendiri sih, maw dibawa kemana kampanye mereka, yang ujung2nya pertanyaan yang pas yaitu maw dibawa kemana bangsa Indonesia tercinta ini. Wedeww...pagi2 udah bicara kampanye !! Minggu tenang ngukss !!

No comments:

Post a Comment

say whatever..