Tuesday, March 10, 2009

Backpacking : Jateng-Jogja 3 days (part. 1)

Sore kawand..

Kembali dari hiatus selama 3 hari, berhubung dengan adanya acara backpacking ke Jogja ituh. Capek sangad, bener2 menyiksa perjalanan Jogja-Jakarta semalem. Uggh, badan terasa pegal kayak digencet Badak lagi kawin.

Ini juga sebenernya sangad malas betul buat nulis postingan. Tapi gara2 blogwalking dan nemu semangat baru, yah..paling engga ada sepatah dua patah kata yang bisa dibikin buat jadi pengantar acara backpacking kemaren.

Jakarta-Jogja, bayangkan jaraknya dan bayangkan capeknya. Tujuan pertama sebenernya mampir dulu ke Temanggung, tempat di mana nguknguk keren ini berasal dan terlahir menjadi se-ekor superstar (hhaa..ngarepp). Anggota backpacking kali ini 6 orang, tapi 1 orang lenyap pulang ke rumahnya di Magelang (anak mami lu, hong !). Agenda pun udah terjadwal (ato bisa dibalik : Jadwal pun udah teragenda,hhee) :

Sabtu pagi ---> Nyampe di Temanggung
Sabtu malem --> Gedongsongo
Minggu pagi --> Ketep
Minggu malem -> Jogja
Senin siang --> Jogja all day touring
Senin malem --> Ke Jakarta aku kan kembali

Tapi berhubung ada satu dan laen-laen hal, gw mengikrarkan diri untuk tidak ber-ikut serta dalam acara di hari sabtu malem dan minggunya. Akhirnya di hari senin yang cerah, gw nyusul kunyuk2 itu ke Jogja (sett dahh gw ditinggal sendiri)

Banyak pengalaman yang gw dapet. Kata buku Sinar Dunia pas jaman masih pake seragam dulu kan "Experience is the best teacher", nah gw juga ngga maw kehilangan guru terbaik itu.

Dari pengalaman itulah gw secara sotoy mencoba untuk menampilkan beberapa triks-tips buat kawan2 yang maw backpacking ke Jogja (dengan budget 500 rebu mentok ngga bisa ditawar).

Triks-tips pertama : Tentang Progo the "Economic Train", ato Progo sang Kereta Ekonomi(s).

1. Beli tiket jauuuh hari sebelum hari H. Semakin mepet dengan hari H maka semakin besar pula peluang kita terlunta-lunta di lante Ekonomi laknat itu.

2. Harga tiket : berkisar antara 30-38 ribu rupiah. Tergantung mood si penjual.

3. Kalo dapet tiket duduk, beruntunglah anda ! Tapi jangan over-happy dulu, kursi kereta ekonomi ngga pake busa empuk khas sofa ruang TV. Yang ada kursi keras, panas, dan terasa menusuk di pantat.

4. Kalo dapet tiket berdiri, jangan merasa kecil hati ! Anda masih bisa duduk di lante berlapiskan koran masa lalu dan berhimpit-himpitan dengan penumpang2 laen yang senasib dengan anda. Sapa taw anda dapet jodoh dari perbincangan senasib tersebut.

5. Bersabar. Karena orang sabar lama dapet pacar :D, bukan ! Karena kereta ekonomi adalah kereta baek hati yang selalu mempersilakan kereta2 bisnis dan eksekutif melintas terlebih dahulu.

6. Kebelet pipis ato pup ? Tahan ! Karena akses ke toilet tertutup oleh lautan manusia tak ber-tempat duduk yang dengan PW-nya tiduran di lante sepanjang gerbong kereta. Dan kalopun kalian nyampe di toilet (dengan peluh keringat dingin mengucur), maka kecewelah kalian karena toilet kereta ekonomi ngga jauh berbeda dengan toilet rumah sakit yang buat setting film Jaelangkung ! No light, pesing ho'oh !

7. Jangan buang tiketnya, sapa taw di akhir taun nanti ada pengundian doorprize berhadiah satu gerbong kereta ekonomi. hueueueee..*praakk !!

Okeyh triks-tips sore ini cukuplah sampe sekian. Mata dan otak gw udah mampet untuk mem-posting yang lebih panjang lagi. Nyeraahh...I wanna meet kasuuurrr...!

Dan sebagai penutup sore ini, gw tampilnya poto2 pas kita masih di Jakarta dan nyampe di Kutoarjo.

Masih di jakarta, di depan kantor

Yang ini 11 jam setelahnya



1 comment:

  1. cerita yg menarik.. Sy berencana backpacking ke jogja-semarang akhir tahun.. Salam kenal..

    ReplyDelete

say whatever..