Thursday, February 05, 2009

Let's Blogging !

Nge-blog.



Ada yang bilang nge-blog cuman buat mengisi waktu senggang aja. Ada yang memanfaatkannya pas browsing udah dirasa membosankan dan menjenuhkan. Tapi ada juga blogger yang serius menekuni dunia per-blogging-an dengan tujuan bisnis, informasi, dan yang laen. Terserah masing-masing sih, ngga ada tujuan yang harus dipaksakan dalam urusan blog menge-blog ini (bahasa mana lg?).



Buat pemula (juz like me) yang mau terjun dan sangat punya keinginan untuk menekuni dunia blog dengan berbagai tujuan di atas, gw punya beberapa hal untuk di-sharing sama kauan-kauan sekalian .Pertama, yang wajib ada yaitu seperangkat PC ato notebook beserta koneksi internet-nya (hahaha, ya iya laah gubluk). Tanpa itu semua hendakanya kita urungkan niat kita untuk terjun dalam dunia blog ini. Oiya, ada dua macam koneksi internet yang bisa dipake, yang bayar dan yang gratisan (hahaha, nyindir gw ndiri).



Yang kedua mari kita tentukan tujuan kita ngeblog buat apa. Bisnis ? Curhat ? Info ? Marketing ? Perdukunan ? ato yang laen. Selanjutnya kita cari deh vendor yang menyediakan layanan blogging gratis (kalo mau yang gratisan). Banyak kok, dua yang sangad digdaya dan menguasai dunia blog tanah air adalah Wordpress dan Blogspot. Ada yang bilang Wordpress lebih elegant, ada yang bilang juga Blogspot lebih cocok untuk perbisnisan, terserah kalian lah.



Yang selanjutnya adalah DAFTARkan nama blog yang mau dipake di situs pilihan kita tersebut. Menurut pengalaman gw ni, sebaeknya nama blog ngga usah terlalu panjang, tapi tetep mempunyai typical sendiri, jangan terlalu general. Misal, “pisangrebus.blabla.com” ato “jalanasoygeboy.blabla.com”, jangan pernah menggunakan kata general seperti “olahraga.blabla.com” ato “musik.blabla.com”, ato kalimat panjang dan rumit semisal "kalolagibengongmasuksiniaja.blogspot.com". Oiya, gw juga punya satu trik ni, kalo kita punya satu nama yang menurut kita paling pas buat blog kita, tapi ternyata nama itu udah dipake orang laen. Jangan bersedih hati dan bermuram durja, tambahin aja dikit satu-dua-tiga huruf di samping kata itu. Misal kita ngebet pake kata "jagungmanis", tambahin aja jadi "jagungmanisbet" ato "adajagungmanis". Ga apa lah melenceng dikit, yang penting jagung kita disertakan (hahaha).



Setelah blog kita tercipta (hallah), dengan tampilan yang standar dari pabrikan, mungkin kita bisa modif dikit tuh tampilan. Tampilan di sini menyangkut mulai dari template, banner, dll. Jika dirasa template yang disediakan pabrikan kurang mengena di hati kita, bisa dicoba untuk donlod template dari bermacam-macam situs penyedia template yang ada. Setelah gw browsing di internyet, gw merekomendasikan situs mashable.com yang menyediakan berbagai template yang cantik, unik, aneh, menggemaskan, dan bikin kangen (juz like my bigTaz, huehue). Ato tanya aja ke aa' gugel, dijamin beliau bisa merekomendasikan bermacam-macam template.



Donlod aja salah satu template pilihan kalian, kalo yang keluar berupa kode html, kita tinggal copy paste aja ke blog kita. Kalo berupa file .xml, kita upload aja. Ngga repot kok, cuma butuh kesabaran aja. Untuk modif laen semacam banner, gw belom terlalu menguasai, bisa dicek ke blog sebelah lah yang lebih ahli.



Nahhh…kalo dirasa semua yang kita perlukan udah cukup, mulai deh kita nulis apa yang mau kita sampaikan. Jangan sampe blog-nya udah cantik, eh malah ngga diisi dan dianggurin ngga berdaya sendirian. Mengutip detiknet.com tanggal 3 Februari 2009, gw punya beberapa tips yang dikemukakan sama Matt Mulleweg, sang boss-nya wordpress.



1. Fokus ke Passion

Dari sekian pengetahuan menggunung yang Anda ketahui, pasti ada satu atau dua topik yang benar-benar menjadi passion atau yang paling diminati. Cobalah untuk meramaikan halaman blog Anda dengan passion tersebut, mau itu bidang fotografi, teknologi, bisnis atau yang lainnya.



Pasalnya, menurut Mullenweg, dengan semakin seringnya Anda menuliskan topik tersebut, secara tak sadar Anda akan lebih mahir di bidang itu. "Sebab, Anda akan membicarakan dan meng-update pengetahuan mengenai hal itu setiap hari," ujarnya.




2. Jangan Menutup Diri

Menulis di blog juga tak sekadar sharing pengetahuan. Sekadar sharing perasaan yang tengah Anda rasakan juga dapat melatih kemampuan ngeblog Anda. Sedikit narsis memang, tapi cobalah untuk melakukan hal ini, karena nantinya Anda akan terbiasa untuk berbagi di blog terhadap sesuatu yang Anda anggap menarik atau rasakan.



3. Kunjungi 'Tetangga'



Dunia blog amatlah luas dan tak terhingga besarnya. Layaknya manusia yang hidup di dunia nyata, 'kehidupan' di dunia blog juga tak terlepas dari interaksi dengan blogger lain.



Dengan melakukan 'jalan-jalan' santai di blog orang lain, wawasan Anda pastinya juga akan diperkaya. Tak hanya dari sisi pengetahuan, namun Anda juga bisa mengintip gaya tulisan hingga desain blog orang lain yang bisa diadopsi di blog Anda.

4. Practice Makes Perfect

Melahirkan gaya tulisan yang bagus dan khas sesuai cita rasa Anda tentunya tak bisa didapat dalam waktu singkat. Hal ini harus diiringi dengan latihan sesering mungkin yang jika sudah rutin dilakukan akan membuat tulisan Anda terasah dengan sendirinya.

Let’s blogging and rock the World kawand !!

No comments:

Post a Comment

say whatever..