Monday, February 09, 2009

Google vs Yahoo

monday.monday.monday.

Kerjaan menumpuk di hari senin. Tapi entah gimana gw masih sempet ngisi waktu yang luang sangad ini untuk dimanfaatkan buat posting. Hari ini (sebenernya udah lama juga sih), gw tertarik untuk mengeksploitasi sesuatu yang bernama SEO ato yang punya kepanjangan Search Engine Optimization. Tentunya barang basi itu udah sangad sering kita dengar, dan ngga menutup kemungkinan juga ketergantungan kita kepada mesin pencari yang dioptimisasi itu (hallah..translatenya..). Nah, ada dua (2) SEO terkemuka dan berkualitas yang mungkin hampir setara di dunia internyet.

Siapa lagi kalo bukan Google (baca : gugel) dan Yahoo (baca:yahuu). Dua rival itulah kira-kira saat ini yang paling banyak dikunjungi umat manusia pengguna internyet di seluruh dunia. Yup, mereka berbagi angka buat prestasi di bidang mesin pencari. Namun sejauh apa sih kehebatan mereka buat mencari sesuatu ? Bisa ngga sih mereka nyari kelinci gw yang ilang waktu masih kecil ? (retoris banged). Dan tentunya di antara dua SEO itu manakah yang labih mantabb ?? Nguknguk akan segera menjawabya.

SEO dalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan spesifik SEO adalah menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Secara logis, alamat situs yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. (wikipedia.org tanpa perubahan :))

Nah, udah tau kan pengertian dari SEO itu sendiri ? Then, the battle is begin. Berdasar uji coba yang (secara iseng) gw lakuin terhadap 2 SEO tadi, maka hasil-hasilnya adalah seperti berikut ini :

1. Gw coba mengetikkan kata "blunder" (tanpa petik) di Google dan Yahoo. Hasil yang keluar adalah : Google menemukan 4,890,000 halaman di internyet yang menyangkut kata tersebut dengan waktu 0.05 s, sedangkan Yahoo dapet 27,500,000 halaman dgn waktu 0.24 s. Berarti kedua-duanya mampu mencari 1 halaman dengan waktu rata-rata 0.00000001 s.

2. Nah selanjutnya gw mencoba buat ngetik 3 kata sekaligus untuk dicari. Secara terlintas gw ngetik kalimat "ayam kampung hitam" (hahaha). Hasilnya : Google dapat menemukan 83,700 halaman dengan waktu 0.21 s. Sedangkan Yahoo berhasil menemukan sekitar 24,300 dengan waktu 0.48 s. Dalam hal ini tentu saja Om Gugel menang mutlak.

3. Then, gw nyoba buat mencari image sekarang. Gw ketik aja mantan gw "titi kamal". Liat hasilnya : Google berhasil menemukan gambar titi kamal sebanyak 11,100 buah dengan waktu 0.02 s. Sedangkan Yahoo cuma dapet 168 duank dengan waktu 0.03 s. Ternyata mr. Yahuu sangad payah dalam hal ini.

4. Kemudian yang terakhir ini yang sangadlah sensasional. Gw coba mengetikkan nama gw sendiri ke SEO. "dhimas cp" dan hasilnya : Om Gugel emang kayaknya labih friendly, dia bisa nemuin gw sebanyak 121,000 dalam waktu 0.17 s(amazing !). Sedangkan Om Yahuu cuma bisa nemu 304 dalam waktu 1.4 s (parah !).

Okeyh..sekarang marilah kita simpulkan siapa yang jadi juaranya. Secara generally bisa dikatakan Google lebih jawara dibanding Yahoo. Dalam 4 percobaan yang kita lakukan, dominasi Google sangad terliat.

Mungkin cukup sekian analisa ngga penting ini, tanpa bermaksud dan tanpa ada perjanjian sama pihak manapun gw nulis ini. Bukan berarti gw merekomendasikan Google sebagai SEO pilihan kita semua, karna hasil yang di atas bisa berubah seiring berjalannya waktu (haduh-haduh..).

Gud afternun..nguknguk.

No comments:

Post a Comment

say whatever..