Wednesday, February 18, 2009

Ketika Error Bx-Bliced menjadikan blog kita pingsan

wah...wah...

Mohon map ni buat pembaca (yg masi sedikit ini) kalo ngga menemukan postingan terbaru gw dalam jangka waktu seminggu ini. Ada masalah dalam konstruksi blog gw. Sekarang-pun sebenernya blog gw masih dalam tahap under-construction. Dalam jangka waktu seminggu gw coba buat mengutak atik (sok taw aja ci) html blog gw, namun apa daya, karna pengetahuan ke-TI-an gw yang terbatas maka blog gw ngga berubah seperti apa yang ada dalam benak cita-cita gw.

Ada cerita bagemana gw me-rekondisi blog ini, dari awal mula masalah sampe pada rupa tampilan yang kalian liat ini. Mungkin bisa bermanfaat bagi kawan-kawan para rookie dalam hal per-bloggingan untuk mengambil intisari dari penyelesaian masalah gw ini (gubrak..membingungkan !!).

Okeyh.

Berawal dari chat yang di samping kanan ini, ada mas abi (Abibakar) yang mampir dan meninggalkan jejak di sana. Dia menulis kalo postingan gw ini ngga bisa di komen ato dalam artian ketika pembaca pengen berkomentar, eh malah kolom komen nya ngga muncul. Damn !! Gw pikir ini masalah ada di html blog gw -yang secara membabi buta gw pasangin widget-widget seribu macam seribu warna-. Akhirnya gw liatin tu susunan html yang ada di settingan blog gw, beberapa lama, masih aja gw bingung (yaiyalah..kuliah di akuntansi mana ngerti html ?)

Sehari dua hari gw masih nyoba buat meng-edit tautan-tautan kalimat html yang entah apa artinya itu. Sampe gw memutuskan untuk nyari template yang baru agar bisa dikasih kolom komen di bawah postingan. Soalnya template gw yang dipake ini, entah kenapa ngga bisa ditaroh kolom komentar di bawah postingan nya. Padahal seharusnya ada 3 cara yang mujarab untuk ngasih kolom komentar di bawah suatu postingan. Tapi, Arrrgghhhh....gw coba, coba, coba dan coba tetep aja ngga bisa. Sampe gw jengkel dan gw coba beralih ke template yang baru yang mungkin bisa memberi gw harapan untuk naruh kolom komentar itu.

Dan..masalah kedua pun berawal dari satu kata : Template.

Gw download begitu banyak template untuk blog ini, satu persatu gw cobain. Dan hasil yang didapat adalah : ERROR Bx-Bliced. Oh noo...saat gw membutuhkan jawaban atas error ini dan gw masuk ke groups.google.com tapi ngga ada satu pun jawaban yang memuaskan dan bisa menyelesaikan masalah ini. Semakin berlarut aja, gw acuhin blog ini beberapa saat. Tak berdaya sendiri tanpa belaian gw.

Dan beberapa hari yang lalu ide brilian muncul dalam benak gw. Sebuah ide zupper yang tak kalah zupper dari zalam zupper nya Mario Teguh (hhee). Mungkin bisa untuk dijadikan referensi bagi kawan-kawan yang mengalami masalah yang sama. Solusinya adalah seperti ini :
  1. Syarat dari pemakaian solusi ini adalah : ketika pengen mengganti template yang baru tapi yang muncul adalah pesan Error Bx-Bliced yang meeee...nyebaLLkan itu.
  2. Ketika kita udah jenuh dengan ke-Error-an itu, ambil langkah seribu untuk menyeleseikannya secara jantan. Buka dasbor blog kita dan masuk ke tab setting.
  3. Dalam tab Basic akan ada pilihan Impor blog-Ekspor blog-Delete Blog. Okeyh kita mulai dengan ekspor isi dari blog kita yang bermasalah ini ke dalam bentuk html. Klik Ekspor Blog dan ikuti petunjuk selanjutnya.
  4. Jika Blog udah diekspor dan udah muncul bentuk html nya. Kembali ke tab Basic yang tadi. Sekarang kita lakukan sebuah hal yang ekstrim : HAPUS blog kita ! (dalam konteks kalo kita masih mau pake nama blog kita yang sekarang, kalo mau ganti nama baru, ngga perlu dihapus langsung aja bikin blog yang baru)
  5. Oiya, sebelum blog kita musnahkan. Jika kita tadinya memasang beberapa widget tambahan, sebaiknya kita backup dulu widget-widget itu agar bisa kita gunakan di blog yang baru. Caranya masuk ke tab Tata Letak dan masuk ke Elemen Halaman (versi Indonesia). Klik aja "edit" yang ada di kolom masing-masing widget, lalu kode html yang muncul kita copy ke notepad. Simpan, dan selanjutnya seperti itu untuk widget-widget yang laen.
  6. Blog udah lenyap, saatnya kita buat blog yang baru dengan nama yang lama. Tentunya udah taw lah gimana caranya bikin blog itu.
  7. Nantinya ketika kita dalam proses pembuatan blog baru itu akan muncul tawaran menarik dari blogger apakah kita ingin meng-impor sebuah blog ato ngga. Nah kita pilih impor (bebas bea masuk) blog lama yang udah dalam bentuk html tadi. Pilih mana aja postingan yang pingin dipublikasikan dan klik simpan.
  8. Okeyh. langkah selanjutnya adalah meng-upload template hasil donlod-an kita tadi (yang sempet terganjal masalah Error Bx-Bliced) dengan masuk ke Edit HTML dan klik browse. Cari file bentuk .xml-nya dan upload.
  9. Anggap aja semuanya lancar, kini kita masuk kembali ke Page element (elemen halaman) dan upload juga widget-widget yang udah kita backup dari blog lama tadi.
  10. Klik Simpan dan liat hasilnya : jeng..jeng..Blog baru dengan isi postingan dan widget-widget lama kita telah tercipta, tentunya dengan nama blog lama kita dan template yang kita impi-impikan.
Yah kiranya seperti itulah tahap-tahapnya, untuk memecahkan masalah Error Bx-Bliced tadi. Bagi siapa saja yang berhasrat mengganti template namun terbentur masalah teknis. Dan ternyata blogging itu menyenangkan bukan ??? (bukan.hhaa)

No comments:

Post a Comment

say whatever..