Wednesday, January 28, 2009

Stairway to Campione

Antara InterJuveMilan.

Persaingan itu sepertinya udah ngga bisa dihindarkan dari dunia bola serie A Italia. Tiga tim yang punya tradisi juara yang kental, pemain yang superior, dan gaya bermain yang khas azzurri (kurang cocok jika ditujukan untuk Inter). Tiga tim itu juga yang paling banyak menyumbang prestasi untuk persepakbolaan tanah Italia, menyumbang pemain-pemain berkualitas untuk timnas biru-biru (kurang cocok juga dengan Inter, heuheu), dan menyumbang gengsi untuk tanah Leonardo Da Vinci ituh.

Musim ini ketiganya juga ngga bisa disingkirkan dari persaingan menuju tahta campione. Juve sempat memimpin di awal-awal musim, tapi disalip Inter yang mampu bertahan sampe tengah musim kemaren (bahkan sampe giornata 19). Sedangkan Milan, yang ngga meyakinkan di awal-awal musim- kembali menunjukkan merah-hitam-nya setelah kedatangan Beckham musim ini (ngga nyaangka banged dah).

Bagemana skenario sampe akhir musim nanti ? Bung Kus akan segera menganilisa dalam tulisan berikut ini. (Bung Kus-kacang).

1. Inter
Peluang : Gede Banged !
Ada yang bilang kalo tim yang juara paruh musim kemungkinan besar bakal jadi campione musim itu. Beberapa tim udah membuktikan filosofi kuno tersebut, hanya ada beberapa
musim yang melenceng dari ramalan itu. Nah inter sebagai campione de inferno musim ini tampaknya bakal punya kans gede untuk meraih scudetto di akhir musim. Selaen punya banyak pemain top, sosok maurinho juga punya andil besar dalam perjalanan inter kali ini.
Problem : Banyak !
Kurang harmonis adalah sesuatu yang menjadi momok inter dalam musim ini. Mulai dari jajaran pelatih hingga supporter. Maurinho sampe detik ini dikabarkan akan menuntut salah satu media di Italia dengan tuduhan pencemaran nama baik, beberapa pemain di kubu Inter juga rencananya akan dibuang, kayak materazzi, crespo, dan Adriano. Belom klopnya beberapa pemain juga membuat inter kayak gagal dalam calciomercato-nya. Salah satunya adalah Quaresma.

2. Juventus
Peluang : Gede (aja)
Terpaut tiga poin dari puncak klasemen, dan beberapa pemainnya yang cedera udah pada recovery, membuat juve semakin pantas untuk dijadikan salah satu kandidat peraih scudetto musim ini. Sebenarnya skuad juve kali ini ngga begitu superior disbanding inter maupun Milan. Tapi di satu sisi mereka punya semangat yang membuat permainan mereka jadi hidup, semangat juara (halllaahh….). Duet Alex-Amauri juga makin oke, buffon udah pulih, camoranesi sembuh juga, dan momo sissoko makin klop. Apalagi dengan hadirnya dua anak muda didikan juve yang makin bersinar, giovinco dan marchisio.
Problem : Cedera, cedera, dan cedera
Masalah klasik ini yang bikin juve sempet ketar-ketir di tengah musim. Di awal musim aja mereka udah harus kehilangan Trezeguet, Buffon, dan Camoranesi. Sekarang ditambah lagi Tiago, Maningger, dan Chiellini. Selaen badai cedera, sebenernya juve juga masalah laen. Rotasi pemain yang belom begitu maksimal plus bosennya beberapa pemain yang kayaknya udah lengket ma bangku cadangan, kayak Iaquinta, Poulsen, dan Tiago yang kabarnya mo dijual (ngga jauh-jauh dari Menchester City !)

3. AC Milan
Peluang : Gede (cukup)
Sejak kehadiran abang Beckham ni, –selaen berpotensi akan menjadi bintang sinetron telenovela di Milan- klub ini kayak mendapat suntikan amunisi baru. Beberapa kemenangan dan sebuah gol mantabb disumbangkan Becks bagi klub yang minjem dia 3 bulan duank itu. Dulu pas awal musim Milan ngga begitu superior. Sempat terjerembab di papan bawah klasemen, mereka sekarang hanya terpaut enam poin dari pemuncak klasemen serie A.
Kuncinya adalah kembalinya beberapa pemain Milan ke top form mereka. Sebut aja Kaka –yang sempet mo boyongan ke City- menjadi titik sentral kesuksesan Milan akhir-akhir ini. Pato, the youngster yang mulai mengkilap mengalahkan sheva. Abbiati, akhirnya menemukan titik klimaksnya sebagai seorang kiper hebat. Namun di balik itu semua ada cerita kegagalan, tentang Ronaldinho yang belom juga cocok ma gaya permainan Milan, sheva yang masih mandul, dan beberapa pemain muda yang jarang dipake Ancelotti.
Problem : Napas !!
Masalah fisik emang selalu menjadi alasan bagi milan unutk segera melakukan peremajaan. Faktanya, pemain senior Milan dengan umur di atas 29 lebih banyak dibanding pemain yang berada pada usia kurang dari 29. Hal ini menjadi salah satu kelemahan Milan yang mesti ditangani serius oleh pihak manajemen. Sebenernya mereka udah punya beberapa pemain muda yang lebih fresh, kayak Sanderos, Antonini, dan Darmian, tapi mereka masih kalah image dari pemain sebangsa Maldini dkk.

Maka dari ulasan tersebut, Bung Kus (kacang) memprediksi bahwa yang akan menjadi Campione Serie A musim ini adalah…………….jengjeng……………..JUVENTUS !!

Kenapa ????

Karna gw adalah Juventini, wkwkwkwk.

Ada yang ngga setuju ? bikin aja blog sendiri dan tulis siapa yang bakal juara !!

Forza Juve, nguknguk !

No comments:

Post a Comment

say whatever..